SUMPAH PEMUDA DI ERA DIGITAL

banner-blog-kontes

 

Blog Contest

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sebuah Ikrar yang dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Yang ditulis menggunakan ejaan van Ophuysen.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Di era digital ini, masih banyak tantangan yang harus dihadapi pemuda indonesia. Sampai hari ini teknologi sudah berkembang sangat pesat. Hal ini bisa dilihat dari perubahan kebiasaan masyarakat Indonesia. Dari yang mulanya masyarakat berkomunikasi dengan menggunakan Surat tetapi masyarakat sekarang menggunakan VideoCall. Masyarakat sekarang bisa disebut masyarakat modern, yang tentu saja berbeda dengan masyarakat dahulu. Perkembangan teknologi sejatinya diharapkan mampu membawa perubahan positif untuk kehidupan masyarakat dalam berinteraksi. Namun tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang terjadi sampai saat ini juga membawa dampak negatif. Dampak Negatif tersebut dapat dilihat dengan banyaknya kejahatan yang dilakukan sebagian oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab untuk mengeruk keuntungan dirinya sendiri.

Hal ini harus disikapi dengan penuh bijaksana. Karena perkembangan teknologi juga mempermudah manusia dalam beraktifitas dan berinteraksi. Masyarakat harus pandai-pandai menyikapinya supaya perkembangan teknologi membawa dampak positif yang besar namun juga meminimalkan dampak negatif yang ada bersamaan dengan dampak positif tersebut. Dampak negatif selalu ada disetiap aspek kehidupan. Kita sebagai pemuda harus bisa membedakan yang baik dan yang buruk. Kita harus menghindari dampak negatif dari perkembangan teknologi yang ada.

Dampak negatif perkembangan teknologi.

1.Menjauhkan yang dekat.

Teknologi seharusnya digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia dalam beraktifitas. Teknologi komunikasi yang ada saat ini bertujuan untuk meminimalkan jarak yang ada, sehingga jarak tidak menjadi masalah dalam berkomunikasi. Sehingga tidak ada jarak yang menghambat dalam komunikasi. Namun terkadang teknologi malah menjauhkan yang dekat. Misalnya saja Orang yang satu dengan yang lain untuk berkomunikasi harus menggunakan handphone,padahal jaraknya hanya bersebelahan rumah. Untuk mengatasi dampak negatif ini kita harus menggunakan teknologi dengan bijak dan tidak berlebihan. Janganlah teknologi yang seharusnya mendekatkan yang jauh bukan malah menjauhkan yang dekat.

2.Merusak indera tubuh.

Masyarakat saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya ‘gadget’. Khususnya para pemuda-pemudi yang pasti menggunakan gadget. Bahkan gadget yang digunakan pun lebih dari satu. Seringnya pengguanaan gadget yang melebihi aturan dapat merusak indera tubuh. Misalnya saja pemakaian headset yang berlebihan dapat merusak telinga. Dan penggunaan handphone yang berlebihan dapat merusak mata. Pancaran cahaya dari handphone yang berlebihan dapat merusak mata kita. Untuk itu kita harus menggunakan teknologi sesuai kebutuhan saja. Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan teknologi.

3.Tindak Kejahatan

Teknologi yang ada dapat digunakan untuk kebaikan namun juga dapat digunakan untuk kejahatan. Banyak sekali kejahatan yang memanfaatkan teknologi. Misalnya saja untuk penipuan menggunakan pesan singkat pada handphone. Dan juga penyadapan yang digunakan untuk kejahatan. Bahkan perkembangan teknologi bisa juga digunakan untuk mengambil uang melalui internet banking. Untuk mencegah hal ini, maka pemerintah dan keluarga harus bersinergi untuk menanamkan karakter yang baik pada anak-anak agar kelak bisa menjadi pemuda yang dapat meneruskan perjuangan pahlawan bangsa.

Dampak Positif

1.Mempermudah aktifitas.

Perkembangan teknologi bertujuan mempermudah aktifitas manusia. Dengan perkembangan teknologi diharapkan pekerjaan manusia menjadi ringan dan mudah. Perkembang teknologi di berbagaia bidang akan membawa dampak postif di setiap sektor yang ada. Contohnya saja dalam berkomunikasi, saat ini manusia sudah sangat dimudahkan dengan mudahnya dalam berkomunikasi. Masyarakat juga dimudahkan untuk mendapatkan layanan komunikasi yang bagus.

2.Meningkatkan produktifitas.

Dengan perkembangan teknologi yang berkembang saat ini. Kita dapat meningkatkan berbagai produktivitas para pemuda. Perkembangan teknologi tidak membatasi pemuda dalam berkarya dan menciptakan sesuatu hal yang baru yang dapat memajukan bangsa dan negara ini.

 

Kita tidak bisa menghilangkan dampak negatif dari kemajuan teknologi, tetapi kita bisa mengurangi dampak negatif tersebut dengan cara memahami dan mengamalkan Isi dari Sumpah Pemuda tersebut. Misalnya “ketika kita menggunakan jejaring sosial kita jangan membuat postingan yang mengandung SARA dan yang bersifat Provokatif” , ” manfaatkan internet untuk hal-hal positif. Pada zaman dahulu sebelum adanya internet, dan komunikasi juga masih sulit para pemuda nusantara bisa mengumpulkan tenaga dan pikirannya untuk kepentingan bangsa dan negara ini. Kita sebagai pemuda harus bisa meneruskan perjuangan para pemuda dahulu. Apalagi kita sudah ditunjang dengan mudahnya komunikasi di setiap ujung dunia.

Semakin berkembangnya teknologi dewasa ini, seharusnya dibarengi dengan Revolusi Mental. Yang dilaksanakan melalui lembaga Pendidikan mulai dari SD,SMP dan SMA dengan cara penanaman sifat siswa yang berkarakter. Sehingga siswa siswi dapat  memanfaatkan Teknologi dengan Baik dan benar serta tepat. KARENA BANGSA YANG BESAR BERASAL DARI PEMUDA KUAT DAN BERKARAKTER.

Sia-sia hidup kita jika masa muda kita hanya digunakan untuk bersenang-senang saja. Sebagai pemuda putera terbaik bangsa kita harus terus berjuang dan berkarya untuk kemajuan bangsa dan negara yang sangat kita cintai ini. Janganlah hanya sebagai penikmat perkembangan teknologi saja. Kita juga harus ikut berperan aktif dalam perkembangan teknologi. Kita harus menjadi bagian dari perkembangan teknologi. Supaya bangsa kita tidak dipandang sebelah mata dan diremehkan oleh bangsa yang lain. Kita wajib ikut berperan aktif dalam mengembangkan teknologi. Agar bangsa dan negara ini tidak hanya menjadi sasaran bangsa luar dalam memasarkan hasil teknologi yang dikembangkannya.

Sebagai pemuda bangsa kita harus mewarisi karakter-karakter para pahalawan negara kita. Kita harus memiliki daya juang yang tinggi dalam mengisi hari sumpah pemuda. Kita jadikan hari sumpah pemuda ini sebagai awal perjuangan kita untuk meneruskan cita-cita para pemuda. Kita sebagai pemuda penerus bangsa, kita harus bersatu padu untuk memajukan dan mengembangkan bangsa dan negara ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *